Tips dan Trik Agar Hasil Foto Bagus Saat Malam Hari

Tips dan Trik Agar Hasil Foto Bagus Saat Malam Hari

Socialgoodpodcast – Dewasa ini, perkembangan HP telah ditingkatkan dengan berbagai cara. Misalnya, kualitas foto, beberapa smartphone menjadi lebih andal. Namun demikian, masih banyak orang yang bingung mengapa tidak bagus memotret pada malam hari saat menggunakan smartphone. Apalagi untuk smartphone bertenaga rendah. Berikut mimin akan membagikan berbagai tips dan trik agar fotomu di malam hari menjadi bagus dan menarik.

1. Menggunakan Mode Manual untuk Mengatur Pencahayaan

Tips yang pertama yaitu dengan menggunakan mode manual untuk mengatur pencahayaan karena biasanya mode otomatis tidak akan cocok untuk digunakan di malam hari. Siapkan ISO yang akan teman – teman gunakan. ISO berguna untuk menentukan jumlah cahaya yang dibutuhkan oleh sensor yang digunakan di kamera. Gunakan ISO tinggi (600 atau 800) untuk kondisi cahaya redup seperti malam hari. Setel atau tutup kecepatan rana ke 30 detik. Ini digunakan untuk mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke sensor pada kamera. Bila kamera HP teman – teman tidak dalam mode manual, teman – teman dapat menggunakan aplikasi kamera genggam, seperti kamera fotovoltaik.

2. Manfaatkanlah Fitur Night Mode

Tips atau trik selanjutnya yang bisa teman – teman lakukan untuk mempercantik hasil foto teman – teman di malam hari yaitu dengan menggunakan mode Night Mode atau mode malam. Fitur mode malam membuat foto menjadi lebih baik, karena mereka mempraktikkan berbagai proses pemfilteran yang disesuaikan dengan kondisi malam. Fitur ini dapat meningkatkan kecerahan foto sehingga gambar menjadi lebih cerah. Saat menggunakan mode malam, pastikan tidak ada gerakan dalam pemotretan dan tidak ada aktivitas selama pemotretan sehingga ada banyak noise.

3. Pakailah Fitur Timer untuk Mengambil Gambar

Trik selanjutnya yaitu dengan memakai fitur timer untuk mengambil gambar. Hal tersebut dilakukan agar hasil fotomu tidak blur nantinya. Fitur timer kamera bisa jadi pilihan jika teman – teman merasa kesulitan menjaga kestabilan tangan saat mengambil foto. Fitur ini menggantikan peran jari yang terekspos saat mengambil foto, sehingga menghasilkan gambar yang kabur. Teman – teman tentunya tidak mau, bukan? Menyetel pengatur waktu hanya selama 3 detik dapat memberi waktu pada kamera smartphone untuk fokus pada objek. Jika perlu, teman – teman bisa menggunakan manual. Usahakan untuk tidak bergerak dan menahan nafas sejenak dengan menekan tombol shutter.

4. Gunakanlah Tripod untuk Menghindari Pergeseran Kamera

Seperti yang teman – teman ketahui, pengambilan gambar di malam hari itu menipu. Trapod merupakan sebuah alat yang dapat membantu teman – teman mengambil foto pada kondisi minim cahaya di malam hari, sehingga teman – teman membutuhkan rana lambat untuk mendapatkan lebih banyak cahaya. Jadi bila teman – teman memiliki tripod di rumah, maka teman – teman bisa menggunakannya untuk mengambil foto dan menghasilkan foto yang sempurna.

5. Janganlah Gunakan Flash untuk Objek yang Memiliki Jarak Jauh

Teman – teman perlu tahu persis kapan harus menggunakan flash. Penggunaan flash saat mengambil objek jauh hanya menyebabkan titik cahaya yang jelas dan mengganggu pada foto. Jika objek yang teman – teman potret dekat, lampu kilat itu benar-benar dapat membantu menyempurnakan efek foto.

6. Hindarilah Memakai Fitur Zoom

Usahakan untuk tidak menggunakan fitur zoom saat mengambil foto di malam hari. Jika ingin hasil yang lebih detail, coba mendekat ke objek atau biarkan kamera mengambil foto dari jarak yang sebenarnya, lalu crop saja.

Nah, itulah cara untuk meningkatkan kualitas foto malam hari tersebut. Teman – teman bisa mendapatkan foto terbaru hanya dengan menggunakan HP teman – teman dan trik yang sudah dijelaskan Smartphoneku.com di atas.

Letakkan smartphone di tempat Anda mengatur sudut pengambilan gambar. Untuk penggunaan segitiga, fitur pengatur waktu sangat disarankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *