Tips Agar Lolos UTBK & SBMPTN Paling Jitu

Tips Agar Lolos UTBK & SBMPTN Paling Jitu

Socialgoodpodcast – SBMPTN 2021 masih jauh! Eitts, siapa yang bilang begitu? Disaat kita disibukkan dengan tugas sekolah, pembelajaran online dan berbagai aktivitas lainnya, tiba-tiba UTBK dan SBMPTN sudah terlihat. Selain itu, jadwal pendaftaran akun LTMPT dan pendaftaran UTBK-SBMPTN sudah diterbitkan. Artinya SBMPTN sudah dekat! Jadi apa yang sudah Anda siapkan untuk menghadapinya? Berikut tips yang dilansir dari Academia Indonesia

1. Jangan hanya bertanya lebih banyak, tetapi juga memahami konsepnya

Bukan rahasia lagi bahwa mempraktikkan soal ujian masuk PTN (UTBK) merupakan tugas mutlak yang harus kita lakukan jika ingin lulus SBMPTN. Soal-soal ujian dari tahun ke tahun memiliki pola yang tidak jauh berbeda. Semakin kita dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan praktis, semakin akrab kita dengan pola-pola yang sering muncul.

Apakah saya perlu mempraktikkan soal UTBK dalam versi kertas atau elektronik? Keduanya sama-sama berguna, bahkan kita bisa memilih salah satu tergantung keadaan. Misal, membaca notebook di media cetak sepertinya terlalu berlebihan sembari menunggu menu takeaway disiapkan, pertanyaan praktis bisa kita simpan dalam file dokumen di ponsel.

Kami juga harus bisa melihat materi ujian. Belajar dari materi dan soal yang mudah terlebih dahulu, kemudian lanjutkan ke materi dan soal yang lebih sulit. Apalagi jika kita ingin menyilangkan peminatan di UTBK 2021 dengan mengikuti kelompok ujian IPC.

Perlu dicatat bahwa belajar mandiri lebih menantang karena kita perlu disiplin dalam manajemen waktu. Perlu banyak upaya untuk tetap berpegang pada program yang dirancang khusus untuk mempraktikkan soal-soal UTBK.

2. Rajin saat mengikuti Tes dan perhatikan skor Anda

Ingin mengetahui kemajuan Anda dalam mempelajari dan mempraktikkan soal-soal UTBK? Saya harus mencoba, bung. Dalam situasi pandemi seperti sekarang, kita harus mengikuti tes online. Kapanpun program mengizinkannya, cobalah untuk mengikuti semua tes yang ada.

Yang tidak kalah penting adalah hasil tesnya. Coba lihat, bung. Seberapa dekatkah nilai ujian Anda dengan nilai rata-rata kelulusan SBMPTN tahun sebelumnya untuk bidang spesialisasi dan PTN yang kami cari?

3. Carilah sedetail dan informasi sedetail mungkin tentang UTBK 2021

Sebelum mengikuti ujian, kami perlu mengumpulkan informasi tentang UTBK. Tentunya kita tidak akan bisa mengikuti SBMPTN tanpa melalui UTBK. Padahal, tidak ada aturan yang mewajibkan UTBK selalu sama setiap tahun. Bisa juga ujian masuk PTN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Misalnya, opsi grup peninjau IPC awalnya tersedia di UTBK 2020. Namun, karena alasan keamanan bersama selama pandemi, opsi IPC dihapuskan. Ternyata mata tes TKA sudah dicopot sehingga UTBK 2020 hanya menguji TPS.

Dalam banyak hal, UTBK 2020 berbeda dengan UTBK 2019. Selain kelompok tes dan mata pelajaran tes, program dan sesi ujian di UBTK 2020 dan UTBK 2019 juga berbeda. Secara umum jadwal pendaftaran pengumuman ujian masuk PTN setiap tahunnya selalu berbeda.

Perhatikan juga dokumen-dokumen yang diperlukan, baik untuk pendaftaran maupun selama ujian. Sobat, jangan khawatir tentang memberikan pertanyaan teknis yang cukup mendetail seperti ini. Sayang sekali kami tidak diperbolehkan masuk ke dalam kelas hanya karena kehilangan kartu peserta, misalnya.

4. Pantau peluang di spesialisasi tertentu dan PTN, rencanakan kompetisi

Saat mempersiapkan UTBK, jangan lupa untuk melakukan sedikit riset. Apa yang diselidiki, teman?

Ya! Segala sesuatu tentang jurusan dan PTN yang kami cari. Selain nilai rata-rata yang diperoleh SBMPTN tahun sebelumnya, tidak ada salahnya mencari tahu berapa jatah mahasiswa baru yang tersedia, berapa pelamar dan berapa yang diterima.

Jika perlu, kita bisa lebih memetakan persaingan untuk masuk ke PTN, misalnya dengan melihat trend tiap tahun di beberapa spesialisasi di sebuah PTN. Dude, jurusan atau program studi pertama yang dipilih di SBMPTN memang patut kita prioritaskan. Dan kalau bisa atau sekedar penasaran, kita juga bisa membandingkan jurusan dengan PTN lain.

Ketidaktahuan ini sangat penting untuk melihat peluang kita mengatasi SBMPTN. Dengan pemetaan yang baik, kita bisa mengukur keberadaan kita di antara peserta SBMPTN lainnya. Siapa tahu, mungkin spesialisasi dan PTN pilihan kami berubah karena data peta yang baru kami terima.

Jadi, sudah siap menghadapi SBMPTN 2021, sob? Seberapa siap Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *