Keunikan Yang Dimiliki Burung Lovebird

Keunikan burung lovebird

Socialgoodpodcast – Kekayaan akan flora ataupun fauna yang ada di Indonesia menjadi pematik dan memperkuat terhadap julukan yang disematkan kepada Indonesia sendiri yakni Indonesia Tanah surga. Ada banyak jenis fauna yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia dari jenis reptile, unggas dan sebagainya.

Namun kali ini akan dibahas tentang Unggas yang ada di Indonesia yakni Burung Lovebird. Siapa yang tidak kenal dengan burung jenis ini? Salah satu burung yang banyak di pelihara oleh pecinta burung di karenakan bulunya yang indah serta kicauan yang dihasilkan begitu merdu.

Pernahkah anda punya keinginan mempunyai burung yang berkicau namun tidak perlu diletakkan di dalam sangkar?. Memilih burung lovebird merupakan solusi yang cerdas. Tidak dapat di pungkiri bahwa peterna yang ada diindonesia akan melirik burung jenis ini, karena selain suara kicauannya merdu, burung tersebut juga terbilang gampang untuk di pelihara dan di jadikan burung hias yang selalu menghiasi teras rumah Anda.

Bukan hanya itu ada beberapa keunggulan dan keunikan tersendiri dari burung ini sehingga para pecinta burung akan tertarik untuk memilikinya.

Gampang Perawatannya

Perawatan yang mudah pasti akan lebih disenangi oleh pecinta burung,, jika Anda memilih burung jenis ini, Anda tidak perlu khawatir untuk waktu anda terganggu lantara memeliharanya. Burung ini sangat gampang untuk di rawat. Anda hanya perlu menyiapkan sangkar yang berbahan jeruji dan memberikannya pakan. Burung jenis ini cocok di beri pakan biji-bijian seperti biji milet (putih ataupun merah), biji bunga matahari ataupun biji jangung muda., bahkan burung ini juga bisa di beri pakan berupa sayur-sayuran seperti kangkung, gobes, wortel dll. Bagaimana gampang bukan untuk merawatnya?

Bervariasi

Di Indonesia banyak sekali jenis burung lovebird, ada lovebird topeng, abisinia, madagaskar, muka merah dan masih banyak jenis lovebird lainnya. Sekalipun jenis burung ini begitu beragam, postur tubuhnya relatif sama, yakni mungil dan lucu. Cocok untuk Anda memelihara burung tersebut tidak hanya satu jenis.

Napasnya yang Panjang

Kecil mungil tubuh dari jenis burung tersebut tidak menjadi tolak ukur dalam panjang nafas ketika bertengger. Karena b urung ini Jika Anda melatihnya begitu telaten. Anda akan mendapatkan lovebird dengan kicauan yang begitu panjang. Dari sinilah banyak pecinta burung untuk tertarik untuk memilikinya.

Ladang Bisnis

Berbisnis jual beli burung jenis ini juga banyak diminati oleh para pecinta burung. Harga dari burung ini juga terbilang tinggi. Burung lovebird yang masih ombyokan saja berkisar 150-200 ribu perekor sedangkan burung yang sudah dapat berkicau serta siap dilombakan memiliki harga sekitar 800- 1jt perekor, bahkan jika burung tersebut sudah dikenal memenangkan berbagai kompetisi dunia burung Anda akan mendapatkan dengan harga diatas 2jt. Luar biasa, bukan?

Burung Romantis

Sesuai dengan namanya, burung lovebird sering di juluki burung yang romantis karena ia mampu menjalin kedekatan dengan pasangannya. Jika kehidupannya di luar sangkar (alam liar) burung jenis ini akan mampu bertengger sepanjang hari dengan pasangannya.

Dengan sifat alamiah inilah burung tersebut juga dikenal dengan burung yang setia bahkan kepada pemiliknya. Kesetiaan alamiah inilah yang di manfaatkan oleh para peternak burung untuk dijadikan burung yang jinak dan penurut terhadap majikannya dan tidak perlu sangkar sebagai tempat tinggalnya.

Jika lovebird sudah di jinakkan Anda hanya perlu menyediakan ranting pohon untuk dia berdiam diri. Selain itu menjinakkan burung gtersebut tidak akan mempengaruhi kualitas kicauannya. Dalam perawatan untuk menjinakkan burung tersebut sangat gambang dan sederhana.

Anda hanya perlu untuk mengenalkan pada burung lovebird tentang cara memberi pakan sendiri (speet dalam bahasa jawa) sejak kecil. Dengan begitu sekitar 5 bulan kedepan burung tersebut akan jinak dan mulai belajar bertengger. Teruslah Anda latih sehingga burung tersebur bertengger dengan durasi waktu yang panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *