Jenis-Jenis Ikan Bawal

Jenis jenis ikan bawal

Jenis-jenis ikan bawal – Salah satu ikan yang paling banyak dibudidayakan atau diawetkan adalah bawal. Ikan bawal umumnya ditemukan di perairan tawar. Untuk nama internasional, ikan ini disebut Black Pomfret. Ikan populer ini pasti dikenal banyak orang.

Dan di negara Indonesia, bawal dapat ditemukan di berbagai tempat, seperti Laut Jawa, Selat Malaka, di sepanjang perairan Kalimantan, Sulawesi Selatan, Laut Arafuru, ke utara, yaitu Teluk Benggala. Kehadiran bawal juga sangat populer karena banyak orang suka mengkonsumsinya.

Jenis-Jenis Ikan Bawal Di Indonesia

Jenis ikan ini berasal dari air tawar yang ditemukan di Amerika Serikat, tetapi telah menyebar ke semua negara. Di negara Brazil, ikan ini sering ditemukan atau ditemukan di sungai Amazon, dan juga di sungai Orinoco, di Venezuela. Nama atau nama ikan ini ditemukan di wilayah Amerika dan Inggris berwarna merah gelap.

Tentu saja, ini karena karakteristiknya pada perut dengan warna yang agak kemerahan. Pomfret pertama kali ditemukan di perairan Indonesia pada tahun 1986 dan hanya dijual untuk digunakan sebagai ikan hias. Pertumbuhan ikan ini cukup cepat, sekitar 3 bulan berat ikan bisa 1 kg.

Selain itu, ikan ini juga merupakan jenis karnivora, pomfret umumnya saling memakan jika persediaan makanan di kolam atau tempat tinggal mereka meningkat. Produksi bali di Indonesia meningkat pesat, sehingga digunakan sebagai menu olahan untuk makanan karena dagingnya yang lembut.

1. Ikan Bawal Hitam

Jenis-jenis ikan bawal yang pertama adalah ikan bawal hitam atau Black Pomfret. Black pomfret jenis ini memiliki nama latin black pomfret yang banyak ditemukan di Indonesia. Umumnya terletak di Selat Malaka, Laut Jawa, serta di perairan Kalimantan, dll. Habitatnya ditemukan di mulut sungai atau di dasar perairan berlumpur, dengan kedalaman hingga 100 meter.

Bentuk tubuh ikan itu datar dengan tinggi, sehingga akan terlihat seperti belah ketupat. Warna tubuh ungu di bagian atas dan putih keperakan di bagian bawah. Makanannya sayur dan sering memakan udang, ikan kecil dan hewan lainnya. Ikan ini memiliki nilai ekonomi tinggi di pasaran karena termasuk dalam jenis ikan yang memiliki tekstur daging lebih halus.

2. Ikan Bawal Putih

Jenis ikan bawal ini juga disebut ikan bawal perak atau sebagai kue putih yang ditemukan di air payau dan juga di air tawar. Ikan ini hidup di air, dengan dasar berlumpur, biasanya pada kedalaman mulai dari 15 meter hingga 25 m. Bahkan hingga kedalaman 100 meter di perairan bermasalah. Ia hidup di pesisir, perairan payau atau bisa juga di air tawar.

Dalam warna tubuh ikan ini, ia sedikit abu-abu dengan sirip yang sedikit lebih gelap. Ukuran tubuh ikan ini bervariasi dari 15 hingga 20 cm, tetapi panjangnya bisa mencapai 29 cm. Berat maksimum 1,5-2 kg per ekor, ikan ini dapat ditangkap dengan jaring insang dasar.

3. Ikan Bawal Air Tawar

Jenis-jenis ikan bawal yang terakhir adalah ikan bawal air tawar. Bagian atas tubuh bagian atas berwarna abu agak gelap dengan latar belakang merah pada sirip atau dada ikan. Perbedaan lain datang dari kepala yang lebih kecil dengan bibir yang lebih tebal.

Ikan bawal air tawar mengandung banyak nutrisi, seperti omega 3, omega 6 AA, banyak orang yang memilih menu ikan ini dari program diet. Ikan ini juga cocok untuk menjadi menu sehat dalam pertumbuhan anak untuk kesehatan dan kecerdasan dalam otak anak. Ikan ini banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Laut Jawa.

Protein tinggi, akan lebih bagus jika bawal disajikan untuk anak-anak yang sedang tumbuh. Kandungan protein yang tinggi akan membantu anak-anak tumbuh dan mendidik otak.

Hanya sedikit orang yang tahu lebih banyak tentang informasi properti yang disediakan oleh Pomfret. Selain rasanya yang lezat dan daging yang lebih tebal, bawal memiliki segudang nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Manfaat mengonsumsi ikan bawal adalah:

  1. Menjadi sumber nutrisi dan gizi yang baik bagi tubuh
  2. Dapat mengurangi risiko stroke pada tubuh Anda
  3. Menjaga kesehatan otak Anda
  4. Mencegah berbagai macam penyakit menyerang kesehatan Anda
  5. Mencegah terjadinya penuaan dini

Itu dia artikel socialgoodpodcast seputar jenis-jenis ikan bawal serta manfaat mengonsumsi ikan bawal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *