Ikan Cupang Sang Petarung Kesukaan Anak-Anak

Contoh ikan cupang petarung anak-anak

Ikan Cupang Sang Petarung Kesukaan Anak-Anak – Ikan merupakan salah satu hewan peliharaan atau ikan hias yang disukai baik oleh anak- anak maupun orang dewasa.

Jenisnya pun juga sangat banyak dan beraneka ragam. Ikan hias yang umum dipelihara adalah ikan mas, ikan koi, ikan cupang hias, dan lain sebagainya. Ikan mas selain bisa dijadikan ikan hias juga bisa dikonsumsi sebagai lauk sehari- hari.

Namun tidak semua jenis ikan mas bisa dijadikan sebagai ikan konsumtif maupun ikan hias sekaligus. Ikan hias yang tidak kalah menarik yaitu ikan cupang hias.

Ikan cupang hias adalah salah satu ikan hias yang harganya cukup bervariatif. Ada yang harganya sangat murah mulai dari 3000 rupiah, tetapi ada juga yang harganya ratusan juta rupiah. Ikan ini memang tergolong jenis ikan yang cukup unik.

Karena selain ikan ini sangat cantik, ikan ini juga merupakan ikan yang terkenal agresif mempertahankan wilayahnya. Oleh karena itu ikan ini juga disebut sebagai ikan cupang sang petarung atau ikan cupang adu.

Karakteristik Cupang Hias

Seperti namanya, yang dinilai dari cupang ini tentu saja adalah keindahannya. Selain itu juga ditentukan berdasarkan bentuknya, warnanya, gerakan maupun mentalnya. Secara umum karakteristik cupang hias adalah sebagai berikut:

  • Bentuk sirip dan ekornya menjumtai panjang dan memiliki truktur tulang sirip dan ekor yang berbentuk khas.
  • Warna tubuh terang, tidak kusam dan memiliki warna yang sangat cantik menarik dan atraktif.
  • Gerakkannya tenang dan suka mengibas ngibaskan siripnya menampakkan keanggunan.
  • Saat melihat musuhnya maka sirip dan ekornya akan mengembang dengan sempurna.

Karakteristik cupang adu

Ikan cupang sang petarung atau ikan cupang adu keandalannya dapat dilihat saat mereka bertarung. Mereka ini juga dari jenis ikan cupang hias, hanya saja ikan ini lebih menonjol dan kuat, terlihat lebih kokoh sehingga saat diadu akan selalu menang. Secara umum karakteristik cupang adu dapat dilihat dari beberapa hal dibawah ini:

  • Mempunyai bentuk tubuh yang kokok. Besar dan ketebalannya sama mulai dari leher sampai keekornya. Ujung ekornya terlihat lenih kecil.
  • Gerakannya sangat agresif dan tidak lamban.
  • Saat ikan cupang melihat musuh, maka sirip-siripnya mengembang secara penuh yang menandakan mentalnya sudah bagus dan kuat untuk siap bertarung.
  • Bibirnya tebal dan kokoh. Mulutnya tertutup rapat dan juga tidak menganga. Di Bibir yang terletak dibagian bawahnya terlihat bintik-bintik yang artinya ikan ini memiliki gigi runcing.

Kontes cupang hias adu juga banyak diselenggarakan di negara-negara bagian Asia Tenggara, tak terkecuali Indonesia. Akan tetapi di beberapa belahan negara lain, seperti halnya Amerika Serikat, mengadu ikan cupang dilarang keras dan dianggap sebagai kejahatan serta ilegal.

Jangan salah, selain cupang adu ini banyak digelar dan dikonteskan diajang kontes ikan besar, ikan cupang ini juga sangat disukai oleh anak- anak dan dijadikan kontes adu juga untuk bersenang- senang. Oleh karena itu, banyak juga pedagang- pedagang ikan hias yang membidik anak- anak sd maupun smp untuk mendapatkan keuntungan dari berjualan ikan cupang hias ini. Dan tidak tanggung- tanggung, biasanya dagangan mereka ini akan sangat laris manis.

Demikian artikel tentang ikan cupang sang petarung kesukaan anak-anak yang telah Socialgoodpodcast ulas. Meskipun tidak hanya anak-anak saja yang menyukainya, namun ikan ini sudah melekat dengan sebutan peliharaan anak- anak. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa memberi ikan cupang Anda makan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *