Fungsi Kaporit Pada Kolam Renang

Fungsi Kaporit Pada Kolam Renang

Fungsi Kaporit – Memiliki kolam renang pribadi memang merupakan hal yang baik. Namun Anda harus bisa merawat kolam renang dengan baik agar kualitas kolam renang sesuai dengan standar kesehatan.

Kualitas kolam renang bukan hanya dinilai dari kebersihan permukaan kolamnya saja, namun juga dari kualitas air yang ada dalam kolam tersebut. Untuk mendapatkan kualitas air yang baik, Anda harus rutin mengganti air kolam paling tidak 2 minggu sekali dan memastikan kualitas air yang masuk dalam kolam telah memenuhi standar.

Anda juga bisa memakai jasa dari tim https://kolambali.com untuk menambahkan beberapa zat khusus yang bisa membantu meningkatkan kualitas air, seperti zat desinfektan. Untuk perawatan air dalam kolam renang, zat desinfektan yang rutin digunakan adalah kaporit atau kalsium hipoklorit.

Kalsium hipoklorit merupakan zat desinfektan yang paling sering digunakan sehingga masyarakat juga sudah cukup akrab dengan bau dari zat ini. Tentu penambahan zat ini ke dalam air kolam renang memiliki tujuan-tujuan tertentu.

Tujuan terbesar dari penambahan bahan ini adalah untuk menjaga kualitas air kolam agar air kolam tidak memberikan dampak yang buruk bagi pengguna kolam renang. Zat desinfektan kalsium hipoklorit ini juga cenderung memiliki bau yang khas dan kandungan yang harus dikontrol sebaik mungkin agar bisa memberikan manfaat tanpa menimbulkan efek samping.

Untuk bisa mengontrol penggunaan kalsium hipoklorit dengan tepat, Anda tentu harus mengenal terlebih dahulu kalsium hipoklorit dan manfaat kaporit tersebut. Dengan mengenal segala hal yang berkaitan dengan kalsium hipoklorit, Anda juga bisa mengetahui efek samping yang mungkin ditimbulkan jika Anda menggunakan zat desinfektan ini secara berlebihan.

Zat desinfektan kalsium hipoklorit berbentuk serbuk putih. Serbuk putih tersebut akan pecah saat dimasukkan ke dalam air. Zat desinfektan ini juga akan menghasilkan gas klorin dan oksigen. Gas klorin inilah yang membuat kalsium hipoklorit mengeluarkan bau khas tersebut.

Namun tentu bau yang ditimbulkan dan seluruh kandungan dari kalsium hipoklorit memiliki manfaat yang bisa didapatkan jika digunakan dengan tepat. Beberapa kegunaan kaporit pada kolam renang yang harus Anda ketahui diantaranya :

  • Membasmi bakteri pada kolam renang
  • Menjernihkan air

Namun manfaat-manfaat tersebut hanya bisa diperoleh jika kalsium hipoklorit ini digunakan sesuai dengan takaran yang seharusnya. Kalsium hipoklorit merupakan senyawa kimia. Seluruh senyawa kimia tentu akan bisa memberikan manfaat yang tepat hanya jika digunakan dengan tepat.

Tentu takaran penggunaan ini juga dibuat berdasarkan volume air yang ada dalam kolam renang tersebut. Penggunaan kalsium hipoklorit ini harus digunakan dengan takaran yang tepat, karena jika zat yang digunakan kurang atau melebihi takaran maka dampak yang timbul bisa cukup membahayakan.

Takaran kaporit untuk kolam renang yaitu 70% atau senilai dengan 2,5 PPM atau 2,50 gram /1 m3 (satu meter kubik) air. Takaran ini akan menaikkan CL kurang lebih 0,3. Meski takaran ini merupakan takaran yang pasti, namun Anda tetap harus mengecek kembali ph dan cl dari hasil takaran tersebut.

Dengan rumitnya takaran yang harus digunakan dan bahayanya dampak yang mungkin timbul karena kesalahan takaran penggunaan ini, sangat disarankan agar kalsium hopoklorit digunakan atau diracik oleh ahli-ahli terkait. Anda sebaiknya meminta bantuan tim profesional untuk menghitung takaran dan mencampur zat desinfektan ini pada air kolam renang Anda.

Takaran yang telah disebutkan sebelumnya merupakan takaran yang diberikan oleh badan regulasi terkait, sehingga Anda tidak boleh merubah takaran tanpa berkonsultasi dengan ahli-ahli di bidangnya. Jika Anda menggunakan kaporit kolam renang tanpa takaran yang jelas, Anda bisa mengalami beberapa dampak bahaya saat berenang seperti :

  • Gangguan sistem pernafasan
  • Iritasi mata
  • Infeksi kulit
  • Gangguan sistem pencernaan
  • Kerusakan dan perubahan warna gigi

Dengan bahayanya efek samping yang ditimbulkan karena kesalahan penggunaan zat desinfektan ini, Anda sebaiknya berhati-hati selama menggunakannya.

Kaporit adalah senyawa kimia yang berfungsi untuk menaikkan kualitas air dalam kolam renang Anda. Jika Anda menggunakan kalsium hipoklorit ini, Anda bisa mendapatkan kenyamanan selam beraktifitas di dalam kolam renang. Dengan kenyamanan yang diperoleh, Anda bisa memiliki kondisi mental dan fisik yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *