Fakta Unik Kelinci

Fakta unik kelinci

Fakta unik seputar kelinci – Kelinci merupakan binatang piaraan yang menarik dan lucu. Badannya mungil, bergigi dan bertelinga panjang, seeta memiliki sepasang mata yang indah membuat hewan piaraan satu ini semakin menarik dan menggemaskan. Di balik itu semua, ternyata ada banyak fakta unik yang dimiliki kelinci, berikut sudah kami rangkum dari situs Sudut Hewan.

1. Giginya yang Lucu

Gigi kelinci sangat unik karena bentuknya yang besar dan memanjang. Gigi tersebut tidak tanggal, tetapi terus saja tumbuh memanjang ke luar. Dengan begitu, giginya dapat menggigit tangan Anda hingga putus. Gigi seperti itu juga bisa mengunyah sebanyak 120 kali dalam semenit.

2. Berumur Panjang

Fakta unik kelinci selanjutnya yaitu mengenai umurnya. Ternyata, kelinci termasuk hewan piaraan yang berumur panjang karena dapat mencapai usia sampai 10 tahun.

Oleh karena itu, Anda harus merawatnya dengan baik agar bisa kelici bisa berumur panjang dan bisa dijadikan teman.

3. Bukan Hewan Pengerat

Banyak orang yang mengidentikan kelinci sebagai binatang pengerat seperti tikus. Hal ini mungkin karena bentuk giginya yang besar dan panjang. Kelinci termasuk ordo lagomorpha sehingga ada kemiripan dengan hewan pengerat contohnya tikus.

Jika Anda punya hewan piaraan seperti kelinci maka sediakan jerami di kandangnya. Sebab biasanya hewan peliharaan lucu ini akan memakan bulunya. Hal tersebut bisa memuat banyak gulungan bulu diperutnya. Dengan adanya jerami maka kelinci akan menjadikannya sebagai makanan selingan.

Jerami memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa membantu pencernaannya dan mengeluarkannya bersama kotoran.

4. Peniru yang Ulung

Tahukah Anda bahwa kelinci adalah sebagai binatang peniru yang ulung? Hal ini karena kelinci dapat menirukan suara dan gerak-gerik dari kucing. Kemampuan tersebut membuatnya semakin menggemaskan untuk dijadikan binatang peliharaan. Selain itu, kemampuannya tersebut bisa menghibur Anda, bukan?

5. Hewan yang Subur

Fakta unik kelinci berikutnya yaitu sebagai binatang yang subur. Hewan ini termasuk binatang yang sering melahirkan. Hewan piaraan lucu ini bisa melahirkan sebanyak delapan kali setiap tahunnya.

Oleh karena itu, perkembangbiakan kelinci termasuk cepat dan bisa menghasilkan keturunan yang banyak.

6. Memiliki Pendengaran Tajam

Kedua telinga kelinci memiliki kemampuan mendengar yang sangat tajam. Dia dapat mengetahui apa yang terjadi di belakangnya tanpa harus memutar kepala atau badannya.

7. Anak Kelinci si Tukang Tidur

Induk kelinci akan menyembunyikan anak-anaknya di balik semak-semak. Hal ini bertujuan agar mereka tidak terlihat oleh bintang pemangsa. Selama induknya mencari makan maka mereka akan terus tidur.

Anak-anak kelinci tersebut akan terjaga ketika induknya membangunkannya untuk menyusuinya. Induk kelinci hanya menyusui mereka sekali sehari.

8. Bisa Terkena Osteoporosis

Selanjutnya, fakta unik kelinci yaitu dapat mengidap osteoporosis juga. Ternyata penyebab osteoporosis bukan hanya kekurangan asupan makanan yang mengandung kalsium. Namun kurang gerak juga dapat menyebabkan osteoporosis.

Selain manusia, kelinci juga bisa terserang penyakit yang satu ini. Untuk itu, kelinci perlu menggerakan badannya selama 4 jam setiap hari agar tidak osteoporosis.

9. Perkawinanya di Musim Dingin

Jam kawin kelinci biasanya pada saat udara dingin yaitu sekitar pukul 6 sampai 8 pagi atau sekitar pukul 6 sore sampai pukul 8 malam. Bunatang piaraan ini dapat dengan mudah menyesuaikan diri lingkungannya. Namun kondisi suhu di luar ini akan memengaruhi keberhasilan kawin kelinci.

Banyak orang yang menyukai kelinci karena hewan piaraan yang satu ini termasuk binatang yang lucu. Namun tidak banyak orang yang mengatahui fakta unik kelinci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *