Cara Terbaik Budidaya Ikan Mujaher

Budidaya ikan mujair

Cara Terbaik Budidaya Ikan Mujaher – Ikan mujaher merupakan ikan air tawar yang dikonsumsi. Daging ikan mujaher ini cukup lezat dan mengandung nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Mengkonsumsi ikan menjadi anjuran untuk memperoleh asupan gizi yang menunjang perkembangan otak. Ikan sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan anak-anak.

Ikan mujaher dapat diolah menjadi berbagai masakan. Dapat digoreng, dipepes atau diolah menjadi makanan olahan lainnya. Rasanya cukup lezat dan banyak disukai sebagai makanan keluarga. Dagingnya tidak terlalu lembek seperti ikan nila dan cukup kesat. Ikan mujaher banyak dibudidayakan karena mudah diternakkan di kolam air tawar. Banyak yang membudidayakan ikan mujaher ini.

Budidaya ikan mujaher biasanya dimulai dari bibit ikan yang masih kecil-kecil. Bibit ikan tersebut kemudian diberikan makanan yang mengandung gizi tinggi dengan perlakuan khusus. Melalui cara ini maka pertumbuhan ikan mujaher menjadi lebih bagus. Dagingnya juga menjadi terasa lebih kesat dan lezat setelah diolah menjadi masakan. Untuk budidaya ikan mujaher ada cara dan triknya. Berikut cara budidaya ikan mujaher yang benar.

Kualitas Air

Air yang benar sangat berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan dari ikan mujaher. Air yang tepat untuk budidaya ikan mujaher harus mempunyai kadar keasaman sekitar PH 7-8. Suhu pada air harus sekitar 20-25 derajat. Air yang diberikan harus benar-benar bersih, tidak tercemar dan tidak mengandung mineral-mineral.

Pemilihan air yang baik biasanya diperoleh dari air sumur. Jika menggunakan air dari PDAM maka dikhawatirkan mengandung kadar kaporit yang tinggi. Budidaya ikan mujaher akan sangat dipengaruhi oleh kualitas air ini. Sehingga air yang dipakai di kolam harus diperhatikan secara benar.

Kolam

Untuk membuat kolam bagi budidaya dari ikan mujaher ini ada dua macam cara. Kolam dapat dibuat dari terpal yang kokoh dan tidak bocor agar air tidak cepat habis. Cara yang kedua adalah menggunakan tanah liat yang benar-benar kokoh. Kolam untuk memelihara ikan mujaher sebaiknya dibuat miring agar memudahkan saat harus mengalirkan air.

Kolam untuk budidaya ikan mujaher dapat dibagi-bagi menjadi beberapa tingkatan. Kolam dapat dibagi berdasarkan fungsinya yaitu kolam pemijahan atau kolam induk, kolam pendederan atau kolam benih, kolam pembesaran dan kolam pemberokan. Budidaya ikan mujaher dengan cara pemisahan kolam ini dapat menunjang pertumbuhan yang sangat baik.

Pemilihan Induk

Agar budidaya ikan mujaher dapat berhasil maka pemilihan induknya harus tepat. Untuk induk ikan mujaher yang berkualitas dan unggul dapat menghasilkan keturunan yang berkualitas pula. Ciri-ciri indukan ikan mujaher yang berkualitas yaitu sehat, tidak cacat, aktif dan responsif. Untuk induk ikan mujaher yang paling bagus dan tepat sebagai pemijahan memiliki berat sekitar 100 gram.

Pemberian Makanan

Ikan mujaher yang diternakkan harus memperoleh makanan dengan kandungan nutrisi tepat. Makanan dapat diberikan pellet dengan kadar protein 20-30%. Takarannya adalah sebanyak 2-3% dari populasi di dalam kolam. Ikan mujaher yang diberikan makan pellet akan diperoleh daging berkualitas dan pertumbuhannya cukup pesat.

Makanan dapat diberikan dua kali sehari untuk mencukupi kebutuhannya. Perhatikan jumlah makanan yang diberikan berdasarkan populasinya. Jika terlalu banyak akan membuat ikan mati karena kekenyangan. Sedangkan jika terlalu sedikit maka ikan menjadi kekurangan makan.

Budidaya ikan mujaher memang cenderung relatif lebih mudah. Yang paling penting adalah memastikan air dan kolam yang baik. Makanan yang diberikan juga harus tepat agar dapat memperoleh ikan mujaher yang berkualitas dan pertumbuhannya baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *