Cara Merawat Kelinci Yang Benar Agar Tidak Mati

Cara merawat kelinci agar tidak mati

Cara merawat kelinci – Salah satu hewan peliharaan yang sangat memggemaskan adalah kelinci. Hewan ini dulunya hidup liar di dataran Afrika hingga Eropa. Kemudian memyebar hingga ke Indonesia melalui kolonial Belanda. Kata kelinci berasal dari asal kata konijntje, artinya anak kelinci.

Kelinci termasuk salah satu jenis hewan peliharaan yang butuh perhatian khusus. Untuk bisa hidup dengan umur panjang dan sehat, kelinci memiliki beberapa kebutuhan khusus yang berbeda dari hewan peliharaan lainnya. Sehingga, tidak mudah untuk merawat kelinci.

Untuk itu, Anda perlu tahu bagaimana cara merawat kelinci, agar hewan peliharaan tersebut bisa hidup sehat dan lebih lama. Simak ulasan di bawah ini sebelum Anda memutuskan untuk memelihara kelinci.

Baca juga: Fakta unik seputar kelinci

Pilih Kandang yang Tepat

Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum memelihara kelinci adalah dengan memilih kandang yang sesuai dengan hewan tersebut. Tempat yang paling aman untuk tempat tinggal kelinci adalah di dalam ruangan. Sebab, kelinci tidak dapat mentolerir suhu yang berubah secara ekstrim, terlebih ketika sedang musim panas.

Di dalam kandang sendiri pun, kelinci tak bisa hidup dengan nyaman sepenuhnya. Suara binatang buas bisa membuat kelinci tertekan. Hal itu menyebabkan kelinci mengalami stres dan akhirnya mati karena rasa takut.

Maka dari itu, cara merawat kelinci yang pertama adalah dengan memberi kardus di dalam kandang kelinci agar ia merasa nyaman untuk bersembunyi. Keluarkan kelinci dari kandang setiap hari selama beberapa jam untuk berolahraga. Pastikan tempat bermain kelinci aman dari gangguan.

Siapkan Kotak Kotoran

Kelinci termasuk hewan peliharaan yang cenderung membuang kotoran di satu tempat. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menyiapkan kotak untuk menampung kotoran kelinci di depat tempat makannya. Sebagian besar kelinci senang bersantai di kotak kotorannya untuk menghabiskan waktu. Maka, siapkan kotak yang berukuran besar agar kelinci semakin merasa nyaman.

Beri Makanan Seimbang

Makanan yang diberikan untuk kelinci sangat penting untuk diperhatikan. Sistem pencernaan hewan yang satu ini sangat kompleks. Sehingga, banyak kelinci yang mengalami gangguan kesehatan akibat makanan yang dikonsumsinya. Makanan yang baik untuk kelinci harus terdiri dari:

  • Rumput jerami
  • Sayuran
  • Buah dan camilan
  • Pelet
  • Air

Hindari Beberapa Jenis Makanan

Cara merawat kelinci agar dapat hidup lebih lama yang ketiga adalah dengan menghindari beberapa makanan. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan yang rapuh pada hewan tersebut. Beberapa makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi oleh kelinci di antaranya yaitu kacang-kacangan, bawang merah, kelembak, tomat, kubis, kentang, jagung, dan lain-lain.

Kelinci memiliki kebiasaan mengunyah sesuatu. Maka, pastikan kelinci jauh dari jangkauan kabel listrik. Benda berbahaya lainnya seperi rodentisida, bahan pembersih, dan insektisida juga harus dijauhkan dari jangkauan hewan peliharaan ini.

Pegang Kelinci Dengan Cara yang Tepat

Cara merawat kelinci dengan baik salah satunya yaitu dengan cara memegangnya dengan tepat. Sebab, kelinci termasuk salah satu hewan yang rapuh. Kelinci akan memberontak jika Anda tidak memegangnya dengan baik. Hal tersebut dapat mematahkan tulang-tulang mereka.

Tak sedikit orang yang tidak tahu bagaimana memegang kelinci dengan baik. Mengangkat kelinci dengan cara memegang telinganya adalah cara yang sangat salah. Caranya yang benar adalah, angkat kelinci dengan meletakkan satu tangan Anda di bagian bawah depan, satu tangan lagi gunakan untuk menopang punggung kelinci.

Demikianlah artikel dari Socialgoodpodcast mengenai cara merawat kelinci dengan baik, sehingga hewan peliharaan ini tidak gampang mati. Berikan perhatian dan pengawasan khusus untuk kelinci, karena mereka merupakan hewan yang memiliki psikologis dan sosial yang kompleks.

One thought on “Cara Merawat Kelinci Yang Benar Agar Tidak Mati”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *