Cara Memilih Mobil Bekas Yang Benar

Cara memilih mobil bekas

Socialgoodpodcast – Mobil bekas kini menjadi pilihan utama masyarakat yang ingin memiliki kendaraan roda empat. Murah adalah salah satu alasan utama membelinya. Selain itu juga proses kredit untuk Seva Mobil Bekas jauh lebih mudah dibandingkan kredit mobil baru.

Memilih mobil bekas dibandingkan mobil baru bisa sangat menguntungkan jika kita pandai memilih mobil bekas. Jika kita salah memilih, maka kita akan dapat mobil dengan kualitas yang buruk sehingga hanya dalam beberapa bulan saja, mobil kita akan mengalami banyak masalah dan kita akan mengeluarkan banyak biaya.

Dalam artikel ini, anda akan mendapatkan wawasan bagaimana cara memilih mobil bekas sehingga pembelian kita selain tidak menghabiskan uang juga mobil bisa digunakan dalam jangka panjang. Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam membeli mobil bekas.

1. Perhatikan Jarak Tempuh

Jarak tempuh yang telah dilalui mobil sangat berpengaruh pada kondisi mobil. Jika mobil sudah melalui perjalanan yang sangat panjang, maka banyak komponen-komponen mobil yang mengalami keausan sehingga perlu dilakukan perawatan bahkan pergantian.

Jika anda membeli mobil yang sudah menempuh jarak diatas 100.000 km, maka sudah dapat dipastikan anda akan mengeluarkan banyak biaya perawatan yang akan anda keluarkan selain harga mobil itu sendiri.

Pada umumnya jarak tempuh 100.000 km menjadi patokan untuk pergantian berbagai komponen mobil. Sehingga anda perlu mempertimbangkan membeli mobil yang jarak tempuhnya dibawah 100.000 km. Dan jika anda merawat mobil secara baik dan rutin, maka mobil anda akan dapat bertahan lebih lama lagi bahkan hingga 200.000 km baru melakukan berbagai pergantian komponen.

2. Perhatikan Fitur Yang Dibutuhkan

Terkadang kita ragu memilih mobil bekas karena fiturnya tidak selengkap mobil baru. Sebenarnya kita harus memahami bahwa membeli mobil itu sesuai dengan kebutuhan. Sehingga pertimbangan fitur-fitur yang ada di dalam mobil juga berdasarkan kebutuhan.

Jika budged memang tidak banyak, maka pilihlah mobil dengan fitur-fitur dasar yang cukup lengkap. Seperti fitur keselamatan airbag, system pengereman ABS dan peringkat bintang uji tabrakan minimal 3 bintang. Banyak mobil bekas dengan harga relative murah dengan fitur dasar seperti yang disampaikan.

3. Perhatikan Kelengkapan Suratnya

Jangan mudah tergiur dengan harga murah, karena ada beberapa kasus ada penjualan mobil curian. Jika anda membeli mobil curian, maka anda akan mengalami banyak kerugian. Mobil bisa disita dijadikan barang bukti, bahkan anda bisa dikenakan pasal penadahan.

Sehingga anda perlu mencermati kelengkapan berkas kendaraan seperti STNK dan BPKB. Kecocokkan nomor rangka, nomor mesin, warna mobil juga menjadi hal yang perlu diperiksa dengan baik.

4. Catatan Service Berkala

Sebagaimana yang saya sampaikan di awal artikel, perawatan yang baik dan rutin akan dapat memperpanjang usia kendaraan. Sehingga mobil bekas yang hendak anda beli perlu dilihat bagaimana pemiliknya melakukan perawatan.

Jika perawatan mobil dilakukan secar rutin, maka mobil bekas ini sangat baik untuk dibeli karena kondisinya cukup prima. Tidak hanya harga murah yang anda dapatkan, namun kualitas mobil yang bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

5. Pastikan Semua Komponen Bekerja Dengan Baik

Pastinya anda tidak akan mau jika banyak fitur pada mobil tidak fungsional. Misal kaca mobil yang macet, alat pemutar video dan music yang problem, dls. Karena hakikatnya itu sama saja menambah biaya pembelian mobil bekas tadi.

Jadi anda perlu mengecek satu persatu fitur-fitur yang ada pada mobil. Anda tidak perlu ragu jika pemilik mengatakan anda tidak mempercayainya, karena ini bukan masalah kepercayaan tapi kita memang butuh membeli mobil yang bisa kita gunakan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *