3 Contoh Teks Prosedur Kompleks, Protokol, dan Sederhana

Socialgoodpodcast –┬áPada kesempatan kali ini kami akan menyajikan beberapa contoh teks prosedur yang akan membantu kamu untuk lebih memahami apa itu teks prosedur, yang di mana pada contoh kali ini berisi tentang contoh teks prosedur kompleks, protokol dan sederhana.

Contoh Teks Prosedur Protokol Membuat Visa

Contoh Teks Prosedur Protokol Membuat Visa

Visa merupakan tanda bukti saat kamu ingin berkunjung ke suatu negara saat kamu akan pergi ke luar negeri.

Visa dapat berbentuk stiker yang bisa diterima di kedutaan negara yang akan kamu ingin kunjungi atau bisa juga berbentuk stempel pada paspor di negara tertentu. Berikut merupakan prosedur bagaimana apa saja yang harus dilalui saat mengurus visa yang benar.

  1. Berkunjung ke kantor imigrasi. Bisa datang langsung ke kantor imigrasi terdekat atau imigrasi yang tertera pada KTP kamu.
  2. Untuk kamu yang pertama kali, silahkan bawa syarat-syarat yang dibutuhkan untuk membuat visa sesuai Negara yang akan kamu tuju
  3. Lalu ambil (bayar jika harus dibeli) formulir permintaan. Formulir permintaan terdapat di loket yang telah disediakan, isi dengan lengkap dan benar sesuai petunjuk dan dokumen yang kamu punya juga jangan lupa untuk membawa dokumen yang asli.
  4. Berikan formulir dan beberapa syarat permintaan visa yang telah kamu lengkapi ke loket pendaftaran.
  5. Kemudian kamu ambil tanda terima juga jadwal foto serta pemindaian sidik jari. Jika sudah mempunyai nomor antrian kamu bisa tunggu beberapa saat sampai nomor yang kamu punya dipanggil. Pun jika terlalu lama kamu bisa pulang dan datang esok hari lagi.
  6. Jika telah selesai sesi pengambilan foto dan pemindaian sidik jari, setelah itu kamu akan diwawancarai dan menyerahkan dokumen asli sebagai bukti kuat.
  7. Jika sesi wawancara telah selesai, maka langkah selanjutnya yakni menandatangani buku visa dan \membayarnya dengan meminta informasi kapan jadwal pengambilan visa yang telah siap diambil atau selesai.
  8. Jika telah mendapatkan tanggal yang telah ditentukan, kamu bisa datang kembali ke kantor imigrasi untuk menjemput visa yang telah jadi. Pada umumnya dalam waktu sekitar 8 hari atau seminggu lebih via kamu baru selesai dan dapat diambil.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat SIM

Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat SIM

Surat Ijin Mengemudi adalah syarat wajib yang harus dipatuhi oleh warga negara yang telah menginjak usia untuk mengendarai kendaraan di jalan raya.

  1. Siapkan dokumen. Dokumen yang harus dipersiapkan, baik kamu akan membuat SIM perpanjangan ataupun baru, berikut dokumen yang dipersiapkan:
    • Foto copy KTP (5 lembar)
    • Hasil tes kesehatan. Tes kesehatan bisa kamu lakukan di rumah sakit atau klinik terdekat atau bisa juga tes kesehatan di tempat Polres yang akan kamu kunjungi. Untuk biaya tes kesehatan hanya berkisar 15 sampai 25 ribu rupiah.
  2. Datang ke loket formulir pendaftaran lalu serahkan KTP juga fotokopiannya untuk pengecekan identitas, dan serahkan juga Surat keterangan hasil tes kesehatan.
  3. Jika semua telah lengkap kamu akan mendapat formulir pendaftaran dengan map. Lengkapi formulir dengan baik dan benar.
  4. Jika telah selesai dilengkapi formulir pendaftaran tadi, lalu serahkan formulir dan segala halnya dengan dimasukkan ke dalam map.
  5. Pergi ke loket penyerahan formulir. Jika telah diserahkan nantinya kamu akan mendapatkan bukti penyerahan formulir yang nantinya di pakai pada tahap tes teori dan tes praktik.
  6. Pada tahap ini kamu akan menjalani tes teori, untuk tes teori terdapat peraturan apa saja saat mengendarai kendaraan di jalan raya. Jika kamu selesai menyelesaikan tugasnya maka akan langsung keluar hasil lulus tidaknya sebab tes teori ini menggunakan komputer.
  7. Jika kamu lulus maka kamu akan lanjut ke tahap selanjutnya, sebaliknya jika kamu tak lulus maka kamu harus menunggu hingga 2 minggu dan menjalani tes lagi.
  8. Pada tahap ini kamu melakukan tes praktik. Jika telah melengkapi buku registrasi peserta ujian praktik, lalu lihatlah jadwal atau tanyakan kapan jadwalmu untuk melakukan tes.
  9. Tes praktik harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, sebab jika ada kesalahan walaupun sedikit akan menyebabkan kamu tidak lulus. Jika telah lulus maka kamu alan mendapat cap sebagai bukti bahwa kamu lulus ujian praktik.
  10. Bawa berkas kamu ke loket pembayaran. Lalu kamu harus membayar pembuatan SIM. Pembayaran SIM bervariasi sesuai SIM yang kamu pilih. Contohnya, SIM baru golongan C sekitar Rp100.000.
  11. Selain membayar registrasi kamu juga harus membayar biaya asuransi. Biaya asuransi untuk SIM C adalah Rp30.000. lalu kamu akan mendapat bukti pembayaran yang nanti ditunjukkan saat mengambil SIM.
  12. Bawa semua berkas dokumen dan bukti pembayaran ke ruang entry data dan foto SIM. Setelah mendapat nomor antrian dan kamu dipanggil.
  13. Masuklah untuk pengambilan gambar untuk SIM.
  14. Jika telah selesai, maka nanti petugas akan menunjukkan layar monitornya tentang data diri kamu yang nanti akan dicetak di SIM.
  15. Konfirmasi bahwa semua telah benar. Setelah itu akan dilakukan sesi pemindaian sidik jari dan pengambilan tanda tangan secara digital. Jika semua tahap dilalui dengan sukses. Maka kamu akan dipersilahkan menunggu hingga pencetakan SIM selesai.

Contoh Teks Prosedur Sederhana Membuat Layang-Layang

Contoh Teks Prosedur Sederhana Membuat Layang-Layang

Layang-layang merupakan mainan yang dapat dibuat sendiri sebab bahan-bahan yang digunakan pun relatif mudah didapat.

Bahan-bahan:

  • Lem kertas
  • Penggaris
  • Benang atau tali
  • Spidol berwarna
  • Kertas minyak
  • Gunting dan pisau
  • Seruas bambu yang memiliki diameter berkisar 1 cm dan panjang 90 cm
  • Seruas bambu yang memiliki diameter berkisar 1 cm dan panjang 50 cm

Cara membuat:

  1. Kerangka layangan, dengan menyiapkan 2 ruas bambu dengan panjang sekitar 90 cm dan 50 cm.
  2. Lalu baringkan bambu secara menyilang, yang perlu diperhatikan adalah kedua sisi dari bambu yang berfungsi sebagai sayap harus sama. Hal ini dapat mempengaruhi kerja layangan tersebut. Gunakan benang untuk dililitkan di tengah poros dari sayap.
  3. Lalu ikat dengan benang pada ke empat ujung batang bambu, pada tahap ini jangan dulu gunakan tali simpul mati dahulu.
  4. Setelah itu, ikatlah masing-masing dari ujung bambu tadi, belah sedikit hanya untuk mempermudah saat menalikan benang atau tali.
  5. Jika semua telah terhubung maka kerangka layangan sudah selesai.
  6. Tahap selanjutnya siapkan kertas minyak, lalu baringkan kerangka tadi di atas kertas minyak.
  7. Kemudian buat pola dengan menandai kertas menggunakan spidol, jika tak mau ribet kamu bisa langsung potong menggunakan gunting. Yang harus diperhatikan yaitu kamu harus potong sekitar 1-2 cm di luar dari pola.
  8. Sisa 1-2 cm tadi akan dipakai sebagai lipatan yang nanti dilem yang berarti kerangka benang akan tertutupi dengan kertas tadi.
  9. Untuk tampilan kamu bisa hias sesuai hati. Hiaslah layanganmu memakai cat air atau spidol sesuai kreatifitasmu.

Nah itulah 3 contoh teks prosedur mulai dari teks prosedur protokol, kompleks, hingga sederhana. Bagaimana? Apakah sekarang kamu sudah paham mengenai materi teks prosedur ini? Semoga sudah ya!

Sumber: https://pendidikanpedia.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *